Thursday, October 4, 2012

Definisi Seni & Desain

Pengertian Awal

Penggunaan istilah design atau desain bermula dari gambar teknik arsitektur (gambar potong untuk bangunan) serta di awal perkembangan, istilah desain awalnya masih berbaur dengan seni dan kriya. Dimana, pada dasarnya seni adalah suatu pola pikir untuk membentuk ekpresi murni yang cenderung fokus pada nilai estetis dan pemaknaan secara privasi. Sedangkan desain memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang memang pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dll. (sumber: wikipedia).

Desain adalah bagian dari Seni, jadi untuk mendalami ilmu desain harus mempunyai jiwa seni, kalau ga punya jiwa seni bagaimana mau mendesain. sebenarnya semua manusia mempunyai jiwa seni, karena seni adalah:


A. Aristoteles
seni adalah peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal.

B. Plato dan Rousseau
seni adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya.

C. Ki Hajar Dewantara
seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, sehingga menggerakan jiwa perasaan manusia

D. Ahdian Karta Miharja
seni adalah kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya.

E. Drs. Sudarmaji
seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang,garis,warna,tekstur,volume dan gelap terang.

F. Drs Popo Iskandar
seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin di sampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.

G. Prof. Drs. Suwaji bastomi
seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.

H. Enslikopedia Indonesia
seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahannya orang senang melihatnya atau mendengarnya.

I. Schopenhauer
seni adalah segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Menurut tiap orang senang dengan seni music meskipun seni musik adalah seni yang paling abstrak

J. Eric Ariyanto
seni adalah kegiatan rohani atau aktivitas batin yang di refleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.
(sumber:http://ufikmuckraker.wordpress.com/2012/03/28/10-pengertian-seni-menurut-pendapat-para-ahli/)

sekarang ini banyak orang yang belum tau perbedaan antara seni dan desain, sebenarnya sih bedanya tipis, setipis tissue, halaaaaaahh.... kalau menurut saya sih:
seni dan desain itu adalah hasil dari kreatifitas diri sendiri dan untuk diri sendiri baik dituangkan ke dalam sebuah karya atau cuma sekedar ide, dan kalau orang lain merasa bahagia dan nyaman dengan karya seni atau desain tersebut berarti karya tersebut berguna dan bermanfaat. bukankah sebuah karya itu harus bermanfaat untuk orang lain??? ya kan... kecuali karya dalam merampok, mencuri, membunuh pokonya merugikan orang lain, hahahahaaa.... (just kidding)...

layout festival Japan Van Javadi Bandung, design by wibiseto_thevenomost
 

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...